Aplikasi Model Aida (Attention, Interest, Desire, and Action) dan CRI (Customer Response Index) pada Perilaku Konsumsi Produk Eco Friendly Di Jawa Tengah
Persoalan lingkungan tidak dapat dilihat sebagai suatu yang berdiri sendiri, namun sangat terkait oleh perilaku manusia
terutama dalam memenuhi kebutuhannya. Perubahan perilaku melalui gaya hidup tentu saja merubah pola ekstraksi sumber
daya alam dan energy yang ada. Manusia didorong untuk tidak mengg!.lnakan sumberdaya alam secara tidak berkelanjutan.
Hal tersebut sesuai dengan Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) 2013 yang mengangkat tema "Ubah Perilaku dan Pol a
Konsumsi untuk Selamatkar. Lingkungan". Kegiatan PLI ir.i di!akukan dalam rangka meningkatkan kesadaran akan
pentingnya melestarikan lingkungan dan merupakan arena yang menyajikan semua bentuk informasi mengenai kehidupan
yang ramah lingkungan (eco friendly), produk ramah lingkungan dan berbagai informasi mengenai upaya pemerintah, swasta
dan para pihak pemangku kepentingan dalam menjaga kehidupan yang ramah lingkungan.
Penelitian ini penting dan perlu untuk dilakukan karena produk ramah lingkungan (eco friendly) tergolong produk baru yang
dibuat untuk menanggulangi masalah yang ada yaitu pemanasan global, serta untuk mengantisipasi kerusakan lingkungan
yang lebih lanjut. Tindakan konsumen untuk mengkonsl!msi suatu inovasi merupakan serangkaian tahapan yang diawali
dengan kesadaran kemudian membentuk perhatian selanjutnya membentuk minat sampai akhimya membcntuk suatu
rind kan.
Penelitian ini secara umum bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumsi produk eco friendly pada Jbu - ibu Rumah
Tangga 111elalui aplikasi Model AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) dan CRI (Customer Response Index). Secara
khusus, penelitian ini bertujuan : I) untuk mengctahui faktor-faktor yang paling dominan sebagai faktor-faktor penentu
Perilaku Konsumsi Produk Eco Friendly berdasarkan Model AIDA (Attention, Interest, Desire, and Action) di Jawa Tengah,
2) untuk mengetahui Efektifitas Perilaku Konsumsi produk eco friendly berdasarkan modd CRI (CustOI"ler Response Inde>)
d.i Jawa Tengah. Populasi sasaran dalam penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga (menikah & usia 20- 65 tahun) di Jawa
Tengah, sedangkan sampel dalarn peneliiian ini adalah ibu-ibu rurnah tangga (menikah & usia 20- tiS lahun) di 4 (empat)
kota di Jawa Tengah meliputi : Demak, Sernarang, Ungaran, Kendal. Jumlah sampel sebanyak 280 responden dirnana
masing-masing kota diambil 70 responden. Terbagi dalarn 2 (dua) tahap yaitu tahun pertama di Ungaran dan Demak, tahun
kedua di Semarang dan Kendal. Namun dalam penelitian tahun pe1iama di Ungaran dan Demak, sampel yang diambil
sebanyak ISO responden, masing-rnasing 75 responden. Anal isis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah 1)
annlisis Faktor dan 2) analisis CRI (Customer Response Index). Dari hasil Analisis Faktor dapat disimpulkan bahwa faktorfaktor
yang paling dominan rnernbentuk perilaku konsumsi produk eco friendly di Ungaran adalah a) sikap positif tentang
produk & kemasan eco friendly , b) menggunakan kanlvJ!g plastik & Styrofoam seefisien rnungkin, c) merekomedasikan
produk dan kemasan eco friendly, sedangkan di Demak adalah a) mulai menyukai produk & kernasan eco fi"iendly, b)
merekornedasikan produk dan kernasan eco friendly. Dengan anal isis CRI dapat dikelahui bahwa efektifitas informasi yang
dapat mempengaruhi perilaku konsurnsi produk eco friendly di Ungaran sebanyak 55,4 %, sedangkan di Demak sebanyak
62,8%